Anak-anak penderita kanker hadir dalam acara Fun Bike dan Fun Run di halaman DPRD Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Kitogalo.com, Palembang – Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Februari, diisi dengan hiburan Fun Bike dan Fun Run di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (16/2/2020) pagi.

Kegiatan yang bertema ‘No More Pain No More Loss’ ini cukup menghibur anak-anak penderita kanker yang hadir bersama orangtuanya, di halaman Kantor DPRD Sumsel. Meskipun pembukaan acara ini dimulai dengan guyuran hujan, tak membuat anak-anak penderita kanker tersebut merasa sedih. Mereka pun terhibur dengan meriahnya acara tersebut.

Tak hanya melepas ribuan peserta fun and run, di bawah tenda utama, pria yang dijuluki Bapak Rumah Tahfidz itu tanpa sungkan juga langsung berbaur dengan puluhan anak-anak penderita kanker.

Gubernur Sumsel Herman Deru pun tampak hadir membuka acara ini. Dia sangat bangga karena para relawan dan pengurus Yayasan Kanker Anak Sumsel (YKASS) menyelenggarakan acara ini, bagi anak-anak dan keluarga penderita kanker.

“Kepada semua relawan teruslah mengabdi dan memberi perhatian dengan segala kekuatan yang dimiliki. Saya akan minta ke 17 kab/kota agar Yayasan Kanker Anak Sumsel ini punya cabang di tiap daerah. Supaya memudahkan jarak dan koordinasi pengobatan anak penderita kanker,” katanya.

Tak hanya itu HD juga meminta semua pihak baik itu sponsor, Baznas, BUMD mau bersama-sama memberikan perhatian dan bantuan dana pada yayasan ini.

“Karena anak-anak punya hak untuk mwmiliki masa depan yang cerah seperti anak lainnga. Dan ini tanggungjawab kita bersama,” jelasnya.

Ketua YKA Sumsel Dian Puspita Sari mengungkapkan, ada sekitar 2.000 peserta yang ambil bagian dalam kegiatan charity memperingati hari kanker anak ini.

Diungkapkannya, YKA sumsel sebenarnya dimulai dari sebuah komunitas peduli kanker pada tahun 2013. Komunitas ini memiliki beberapa program ri antaranya rumah singgah yang diperuntukkan bagi anak-anak penderita kanker dengan keluarga selama menjalani pengobatan.

“Ada juga kegiatan hospital schooling yang berisi aktifitas mengajar anak-anak. Serta pembagian brosur agar para orang tua lebih peduli dengan penyakit kanker yang dapat menyerang anak,” ucapnya.

Hetty (30), orang tua dari salah seorang anak penderita kanker asal Belitang. Menurutnya sejak tadi malam anaknya Rizky sudah tak sabar ingin hadir dalam kegiatan Fun and Run ini.

“Sejak subuh tadi anak ini sudah mandi. Dia sudah tidak sabar dan gembira sekali hari ini. Memang acara seperti ini yang ditunggu-tunggunya. Karena selama ini kan tahunya bolak balik berobat. Jadi ini benar-benar menghibur,” katanya.

Meski masih menjalani pengobatan, Hetty mengaku cukup terbantu sekarang. Terutama setelah Ia dibantu Gubernur lewat Baznas sejak beberapa bulan lalu.

“Sekarang Alhamdulillah kalau mau berobat tidak pusing lagi mikir uang untuk operasional. Di bantu Bapak Gubernur lewat Baznas jadi kalau mau pergi berobat dan pulangnya kami diberi ongkos juga untuk makan. Maklum kalau mau pergi sendiri Kami tidak ada uang. Bapak Rizky cuma seorang kuli,” ujarnya.

Selain penampilan hiburan dari anak penderita kanker, kegiatan charity itu juga menghadirkan selebgram cilik ternama asal Palembang Aishwa Nahla. Serta penyerahan total donasi yang terkumpul senilai Rp150 juta.

Editor : Nefryu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here