infonawacita.com

Kitogalo.com – Pada setiap perayaan Lebaran, sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia untuk mudik atau pulang kampung ke daerah asalnya masing-masing. Tradisi unik ini tak hanya berada di Indonesia melainkan juga terdapat di Bangladesh. Untuk di Indonesia sendiri, tujuan terbesar pemudik yang berasal dari Jakarta yaitu Jawa Tengah. Pada tahun 2014, sebanyak 7.893.681 pemudik Lebaran menuju Jawa Tengah.

Berdasarkan data Kementrian Perhubungan Indonesia, pemudik yang menuju Jawa Tengah memakai transportasi yang bermacam-macam antara lain motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut dan pesawat. Dari segi jumlah sebanyak 2.023.451 pemudik yang menggunakan sepeda motor, 2.136.138 pemudik dengan mobil, 3.426.702 pemudik menaiki bus, 192.219 pemudik menggunakan kereta api, 26.836 pemudik menaiki kapal laut, dan hanya 88.335 pemudik memilih pesawat sebagai transportasi mereka.

Dari gambaran diatas, masih banyak pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor sebagai transportasi mudik. Tentunya hal ini tidak berlaku di Jawa Tengah melainkan seluruh Indonesia. Salah satu alasan pemudik memilih menggunakan sepeda motor yakni dengan alasan kecepatan dan sedikitnya biaya yang dikeluarkan dalam perjalanan. Tetapi survey membuktikan pula 70 persen kecelakaan saat mudik disebabkan oleh motor. Untuk itu, pemerintah pun semakin giat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Salah satunya dengan fasilitas yang sudah ada sejak 2014 yaitu angkutan motor gratis (motis) selama lebaran melalui jalur darat dan laut. Untuk jalur darat, sepeda motor akan diangkut menggunakan kereta api yang akan diproses mulai dari tanggal 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Pemudik yang ingin mengikuti program Angkutan Motis 2018 tak perlu repot dikarenakan pendaftarannya dapat dilakukan melaui situs mudikgratis.dephub.go.id dengan melengkapi persyaratan dan ketentuan melalui pendaftaran online maupun pendaftaran langsung pada 13 stasiun yang telah ditunjuk yakni Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong dan dilanjutkan dengan proses verifikasi langsung pemudik yang dilaksanakan pada 9 Februari 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

Image result for fasilitas angkutan motor gratis 2018

Fasilitas Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 akan dilaksanakan selama 13 hari yang terbagi dua yaitu untuk arus mudik, akan dilaksanakan selama enam hari dimulai dari tanggal 8 sampai 13 Juni 2018, sementara untuk arus balik akan dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 19 Juni sampai dengan 25 Juni 2018. Rangkaian Kereta Api barang yang akan mengangkut sepeda motor berjumlah delapan gerbong. Masing-masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut satu rangkaian Kereta Api barang sebanyak 464 motor.

Angkutan Motor Gratis 2018 ini terbagi atas 3 lintas pelayanan, yaitu yang pertama di Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiu Tegal – Stasiun Pekalongan – Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Ngrombo – Stasiun Cepu – Stasiun Bojonegoro – Stasiun Babat – Stasiun Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan I: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cimahi – Stasiun Kiaracondong – Stasiun Tasikmalaya – Stasiun Banjar – Stasiun Sidareja – Stasiun Maos – Stasiun Kroya – Stasiun Gombong – Stasiu Kebumen – Stasiun Kutoarjo.

Lintas Selatan II : Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Purwokerto – Stasiun Kroya – Stasiun Kutoarjo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Klaten – Stasiun Purwosari – Stasiun Madiun – Stasiun Kertosono – Stasiun Kediri – Stasiun Tulungagung – Stasiun Blitar.

Bagi para peserta mudik Motis 2018 tak usah khawatir, pasalnya para peserta akan difasilitasi pula maksimal 3 tiket kereta api gratis dalam satu keluarga yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 1 orang anak usia maksimal 11 tahun. Dengan fasilitas ini diharapkan para pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman tidak perlu repot untuk mengendarainya sendiri dan terhindar dari resiko kecelakaan.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here