Kompetisi Robotik Madrasah Ke-4. (Sumber: ayomadrasah.blogspot.com)

Kitogalo.com, Palembang – Syifa Kayla Amanda Refflesia dan Muhammad Fajar Setiawan yang mewakili Sumatera Selatan berhasil meraih Juara 1 Kategori The Best Construction and Maximal Robot di Ajang Madrasah Robotics Competition Tingkat Nasional di Depok Town Square Jawa Barat, Minggu, 4 November 2018.

Mereka berdua merupakan siswa-siswi dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang berhasil mengalahkan 19 tim dari seluruh Indonesia.

Dilansir dari website kanwil Kemenag Sumsel, menurut Direktur KKSK Kementerian Agama, Ahmad Umar, kompetisi robot ini bukan sekedar game, tetapi melatih kreatifitas dan integritas agar siswa madrasah dapat mengambil bagian aktif dalam teknologi tepat guna, karena robot-robot yang dirangkai adalah jenis yang bermanfaat besar bagi manusia.

“Kompetisi ini digelar di mall untuk menunjukkan bahwa siswa-siswi madrasah itu gaul, melek teknologi, dan tidak ndeso,” katanya.

Melihat Kecanggihan Robot-robot Karya Siswa Madrasah
Keadaan Madrasah Robotics Competition Tingkat Nasional di Depok Town Square Jawa Barat, Minggu (4/11). (Sumber: nu.or.id)

Robot-robot yang dibuat dalam kompetisi diadu kepintarannya dalam mengatasi bencana alam. Kompetisi robotik terbagi dalam dua kategori yakni kategori Rancang Bangun Mesin Otomasi Bencana dan Kategori Rescue Robot Mobile. Jenis kedua ini memiliki tugas tertentu, misalnya untuk penyelamatan korban gempa, memadamkan kebakaran dan sebagainya.

Para siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memberi robot mereka nama “baby badtrain”. Dinamakan seperti itu dikarenakan robot tersebut nantinya akan melindungi bayi dari bencana alam dengan tiga sensor pendeteksi, yaitu sensor getaran, sensor suhu, dan sensor panas.

Jadi jika tiba-tiba bencana alam datang, salah satu pendeteksi melalui tutup crandle bayi di robot tersebut secara otomatis akan menutup dan langsung pergi mencari zona aman.

MAN IC OKI Juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional
Pemenang Juara 1 Perwakilan Sumsel. (Sumber: sumsel.kemenag.go.id)

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I yang turut hadir dalam pengumuman pemenang kompetisi robot tersebut mengucapkan selamat kepada 2 tersebut yang sudah menggapai prestasi dibidang robot.

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015, acara yang diselenggarakan Kemenag RI ini merupakan Kompetisi Robotik Madrasah nasional yang ke 4. Peserta dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiya, dan Madrasah Aliyah.

Tahun lalu, para pemenang kompetisi robotik ini adalah MAN 3 Jakarta, MAN 1 Surakarta, MTsN 6 Sleman Yogyakarta, MTsN 1 Jembrana, Bali, dan MIN 1 Cilegon Banten.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here