Dinkes Sumsel membagikan masker ke sekolah (Kitogalo.com / Nandoenk)

Kitogalo.com, Palembang – Potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel), juga mengancam kesehatan warga yang terpapar kabut asap.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel pun langsung memberikan himbauan ke dinkes di 17 kabupaten/kota se-Sumsel, agar menyediakan masker ke warga, termasuk di sekolahan.

Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, ada belasan ribu masker yang dibagikan di berbagai titik di Kota Palembang, seperti di persimpangan jalan hingga sekolah.

“Kita sudah mengeluarkan surat edaran kepada dinkes di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Untuk melaksanakan upaya mencegah gangguan kesehatan akibat paparan kabut asap, seperti pembagian masker,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Surat edaran sudah dikirimkan ke 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, agar bisa mengedukasi masyarakat tentang ancaman dan antisipasi gangguan kesehatan akibat paparan kabut asap.

Mereka juga menghimbau ke masyarakat, agar segera mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) terdekat, jika kesehatan menurun.

“Posko kesehatan sudah ada di setiap posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, kita minta agar siaga. Jika ada warga yang mengeluhkan sakit, langsung ditindaklanjuti,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya pun terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Menjaga asupan gizi, banyak minum dan kalau asap sedang pekat sebisa mungkin hindari keluar ruangan. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan masker,” ucapnya.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Jadwal Masuk Sekolah Siang, Jika Kabut Asap di Sumsel Pekat

Suhu Udara di Sumsel Bisa Capai 35 Derajat Lho…

Waspada.. 66 Titik Api Menyebar di Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here