(Sumber IST)

Kitogalo.com – Bagi warga Indonesia, hewan serangga sepertinya menjadi salah satu hama yang sangat mengganggu, terlebih di sektor pertanian.

Namun apa jadinya, hewan kecil ini menjadi salah satu bahan makanan cemilan yang disukai banyak orang. Kebayang gak sih?

Inilah yang terjadi di Costa Rica, negara bagian Amerika Timur. Bahkan di salah satu pedesaan, serangga menjadi menjadi cemilan nikmat yang disamakan dengan cemilan keripik kentang.

Dilansir dari laman Reuters, Rabu (2/10/2019), Kepala Museum Serangga Universitas Kosta Rika Frederico Paniagua, memutuskan tiga tahun lalu mengganti protein hewani dalam makanannya. Dia menggantinya dengan jangkrik, semut, kecoak, kumbang, dan serangga lainnya. Ia ingin mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Serangga memang enak,” katanya dalam sebuah wawancara di peternakannya di Sarchi, sekitar 30 mil (50 km) dari ibu kota San Jose.

“Anda bisa duduk dan menonton opera sabun, menonton pertandingan sepakbola, melakukan aktivitas apa pun dengan sepiring penuh serangga. Makan mereka satu per satu dengan segelas soda,” katanya.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) telah menghitung lebih dari 1.900 spesies serangga yang dapat dimakan. Khusus di Asia dan Afrika, makhluk kecil ini disebut-sebut sebagai makanan lezat yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan energi.

Hewan serangga juga memancarkan lebih sedikit gas rumah kaca, amonia serta membutuhkan tanah dan air yang lebih sedikit. Jumlahnya lebih sedikit daripada sapi atau babi.

Istri Paniagua, Gabriela Soto, menyiapkan makanan mereka dengan memercikkan minyak ke dalam wajan, menambahkan serangga yang diternak di pertanian dan menaburkannya dengan sedikit garam.

Ia kemudian mengeluarkan beberapa piring untuk putrinya yang masih kecil. Tangannya meraih ke atas piring yang berisi serangga dan mengunyah tanpa rasa takut, dan suaminya, yang menyarankan sedikit lemon akan menambah kelezatan serangga-serangga itu.

“Serangga-serangga itu terasa seperti keripik kentang. Pada dasarnya, Anda bisa makan sepiring penuh serangga ini,” ucapnya.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Kekecewaan Taufik Hidayat Terhadap Performa Atlit Bulutangkis Tunggal Putera

Cerita Dibalik Kesuksesan Minuman Pepsi di Dunia

Cerita Orang Indonesia Berburu iPhone 11 di Australia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here