Peserta yang lolos Gelombang 5 diwajibkan mengisi nomor rekening tabungan atau akun pembayaran digital yang sudah ditentukan (kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Kamu mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja Gelombang Kelima di daerah Sumatera Selatan? Ayo, cek akunmu sekarang. Sebab pengumuman kamu lolos atau tidak sudah bisa kamu lihat di aku prakerja masing-masing hari ini, Sabtu, 29 Agustus 2020. Bahkan sejak dinihari tadi.

Jika lolos, kamu berarti menjadi salah satu peserta yang beruntung untuk menerima bantuan pemerintah di Gelombang 5 ini. Sebab, tercatat total pendaftar ada sekitar 1,7 juta orang di mana hanya ada kuota 800 ribu yang diterima di gelombang kali ini. Jumlah ini sama dengan kuota peserta yang lolos di Gelombang 4 yang juga sebanyak 800 ribu orang.

Bagaimana mengecek lolos atau tidak?

1. Silakan masuk atau log in ke akun pribadi milikmu di http://www.prakerja.go.id.
2. Jika lolos, kamu akan melihat tampilan layar di mana kamu mendapat nomor Kartu Prakerja dan sudah ada Saldo untuk pelatihan yang wajib kamu ikuti sebelum menerima insentif uang tunai.
3. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, kamu diwajibkan mengupdate atau memasukkan nomor rekening tabungan yang dalam hal ini adalah BNI atau akun OVO, Link Aja, atau Gopay. Ini dimaksudkan agar dana yang ditransfer nanti tepat ke rekening atau akun pembayaran digital milikmu.
4. Jika sudah mengupdate data tersebut, saatnya kamu memilih pelatihan yang sesuai dan cocok dengan minat kamu. Ada banyak pilihan dari Mitra Pelatihan seperti dari Kemnaker, Pijar, Tokopedia, Ruang Guru, dan lain-lain. Kamu diwajibkan menyelesaikan pelatihan yang berbiaya Rp 1 juta itu.
5. Jika selesai mengikuti pelatihan, kamu akan memperoleh sertifikat. Dan barulah insentif Rp 600.000 selama 4 bulan dengan total Rp 2,4 juta yang akan ditransfer ke nomor rekening tabungan atau akun dompet digital kamu.
6. Kamu juga wajib mengisi survei sebanyak tiga kali pasca pelatihan yang kamu ikuti. Dari masing-masing survei itu akan diberikan insentif sebesar Rp 50.000 atau dengan total Rp 150.000.

Total bantuan pemerintah sebesar Rp 3.550.000 kamu dapatkan setelah lolos menjadi peserta Program Kartu Prakerja.

Jika kamu belum lolos di Gelombang 5 ini, kamu bisa melanjutkan bergabung ke Gelombang Keenam. Jangan patah semangat, ya.

Oke, selamat melanjutkan perjuangan, kaum Prakerja!

Irwan S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here