Pengadilan Negeri Palembang (kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Ada beberapa dokumen penting yang terkadang kita tidak terlalu peduli tapi suatu saat dibutuhkan sebagai syarat misalnya untuk mencari kerja atau masuk perguruan tinggi tertentu. Salah satunya ialah Surat Tidak pernah Dihukum atau Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana.

Tak hanya itu, surat keterangan ini biasanya juga diperlukan untuk syarat pendaftaran calon legislatif, calon pejabat publik, CPNS, tes masuk BUMN, tes perangkat desa dan lain sebagainya. Jika kamu belum paham apa itu Surat Keterangan Tidak Pernah Terlibat Pidana, simak informasinya sampai habis!

Surat keterangan ini berbeda dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) karena memang berbeda tempat pembuatan dan tujuannya. SKCK diterbitkan oleh kepolisian sedangkan Surat Keterangan Tidak Terlibat Pidana diterbitkan oleh Pengadilan Negeri (PN). Hal itu didasari SKCK dari kepolisian dan hanya pengadilan negerilah yang berhak mengeluarkan surat keterangan tersebut. Di Kota Palembang, Pengadilan Negeri Palembang bisa mengeluarkan surat tersebut.

Sama halnya dengan membuat SKCK, surat keterangan ini juga membutuhkan beberapa dokumen untuk diserahkan kepada pihak pengadilan. Apa saja kira-kira persyaratan yang dibutuhkan?.

Nah, kalau kamu warga Kota Palembang, berikut adalah daftar dokumen yang harus disiapkan yang dirilis resmi oleh Pengadilan Negeri Palembang.

1. Foto copy SKCK yang masih berlaku dan dilegalisir
2.Foto copy KTP atau tanda pengenal lainnya
3. Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar
4. Surat permohonan yang ditujukan kepada Bapak Ketua Pengadilan Negeri Palembang
5. Surat pernyataan bahwa tidak pernah dipidana dari pemohon dengan dibubuhi materai Rp 6.000,-.

Setelah menyiapkan dokumen yang tertera di atas secara lengkap, kamu bisa langsung datang ke Pengadilan Negeri dan menyerahkan berkasnya. Tidak ada biaya, loh. Biasanya sehari sudah selesai atau maksimal tiga hari kamu sudah bisa mendapatkan selembar kertas yang bertuliskan “Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana”. Untuk para pemuda-pemudi yang cinta tanah air dan ingin mencoba terjun ke dunia politik, ini penting banget untuk dijadikan salah satu referensi informasi sebelum mengajukan diri. Good luck, ya!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here