Ilustrasi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id)

Kitogalo.com, Palembang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang sering dikenal dengan nama BPJS merupakan badan hukum publik yang mengatur jaminan kesehatan masyarakat Indonesia dengan menerbitkan Kartu Indonesia Sehat. Dalam melancarkan programnya, BPJS selalu memaksimalkan pelayanan kepada peserta dan stakeholder lainnya.

Target BPJS di tahun 2019 yakni mewujudkan cita-cita Universal Health Coverage (UHC) bagi seluruh penduduk Indonesia. Seluruh BPJS di Indonesia bersama-sama meningkatkan kerjasama dan gotong royong demi tercapainya cita-cita tersebut. BPJS kesehatan Palembang merupakan salah satu cabang yang melakukan gebrakan-gebrakan untuk membidik target yang sudah ditentukan.

Dalam mencapai target UHC 2019, BPJS Kesehatan Cabang Utama (KCU) Palembang juga memiliki target yakni 95% masyarakat harus sudah tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan. Upaya untuk mencapai target tersebut sudah sangat beragam, mulai dari meningkatkan kerjasama dengan badan usaha, penyuluhan kepada masyarakat, optimalisasi kanal pendaftaran dan sebagainya.

“Untuk KCU Palembang kita tinggal 40% lagi dan target kita 95% masyarakat harus menjadi peserta BPJS Kesehatan di akhir tahun 2018 ini.” Ujar Erna Wijaya Kesuma, Deputi Direksi Regional III saat sedang menyambut kunjungan kerja Pimpinan Komisi III DPD RI, Jumat (10/8/2018).

Selain program yang memang masuk dalam program kerja tersebut, ada program lain yang dilakukan yakni Gerakan Dua Ribu Perhari (Geduri). gerakan ini dilakukan oleh Duta BPJS Kesehatan Cabang Palembang yang merupakan salah satu gerbrakan yang ditekadkan untuk membantu sesama dengan cara gotong royong mengumpulkan iuran setiap hari yang dilakukan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

“Teman-teman cabang Palembang ini melakukan Geduri ini untuk membantu mereka yang membutuhkan d iluar sana” Kata Erna.

Program Geduri merupakan program yang melibatkan partisipasi seluruh Duta BPJS Kesehatan, khususnya BPJS Kesehatan Cabang Palembang yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungan melalui kegiatan menabung sebesar dua ribu perhari untuk peserta JKN-KIS.

Menanggapi program yang bersifat sukarela tersebut, Pimpinan Komisi III DPD RI, Abdul Aziz menyampaikan bahwa hal ini sangat bagus dan patut disosialisasikan kepada masyarakat luas. “Wah, ini perlu didukung, bila perlu kita buat GerMas (Gerakan Masyarakat Sehat) dengan program Geduri. Ini pasti sangat membantu,” ujar dia.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here