BPJS Kesehatan (Sumber : www.pasienbpjs.com)

Kitogalo.com, Palembang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sebagai badan penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), terus berupaya meningkatkan kesadaran peserta dan masyarakat. Terutama tentang pentingnya menjadi peserta pada Program JKN-KIS.

Hal ini dilakukan juga oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang, dengan melakukan kunjungan dan koordinasi ke berbagai perusahaan di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Andi Ashar selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang mengatakan, BPJS Kesehatan Cabang Palembang memantau bagaimana kesadaran Badan Usaha terkait kepesertaan JKN-KIS, khususnya segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

“Kita juga ingin meningkatkan pemahaman manajemen terkait manfaat dari Program JKN-KIS sampai dengan alur pelayanan,” katanya kepada Kitogalo.com, Jumat (8/2/2019).

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palembang menyosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dimana, dalam Perpres 82 tahun 2018 tersebut, ada beberapa perubahan ketentuan, tidak terkecuali untuk segmen peserta PPU yang harus diketahui.

Sesuai dengan Perpres Nomor 82 Tahun 2018, peserta JKN-KIS dari segmen PPU yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tetap memperoleh hak manfaat jaminan kesehatan paling lama 6 bulan, tanpa membayar iuran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi AShar (Sumber : www.liputan6.com)

“Manfaat jaminan kesehatan tersebut diberikan berupa manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III,” katanya.

Kriteria PHK yang harus terpenuhi yaitu, PHK yang sudah ada putusan pengadilan hubungan industrial, dibuktikan dengan putusan/akta pengadilan hubungan industrial.

Lalu, PHK karena penggabungan perusahaan, dibuktikan dengan akta notaris.

Ada juga PHK karena perusahaan pailit atau mengalami kerugian, dibuktikan dengan putusan kepailitan dari pengadilan.

Atau PHK karena Pekerja mengalami sakit yang berkepanjangan dan tidak mampu bekerja, dibuktikan dengan surat dokter.

BACA JUGA :

Wow.. Beri Uang ke Pengemis dan Anjal di Palembang Bisa Dipenjara Loh !

Sumsel Targetkan 900 Ribu Pekerja Dijamin BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan Palembang Galakkan Program Menabung Dua Ribu