Peserta BPJS Kesehatan yang terbantu biaya cuci darah gagal ginjal (Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Palembang)

Kitogalo.com, Palembang – Cuci darah atau Hemodialisis (HD) menjadi prosedur khusus bagi para pasien gagal ginjal. Para pasien harus rutin melakukan cuci darah setiap pekannya, dengan biaya yang tidak sedikit.

Untuk satu kali menjalani prosedur ini, pasien gagal ginjal harus membayar sekitar Rp 1 Juta, namun biaya tersebut diluar pembayaran perawatan di Rumah Sakit.

Namun bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, kekhawatiran bagi para pasien gagal ginjal menjadi sirna.

Program pemerintah pusat ini menjadi ‘penyelamat’ para pasien yang sudah bergabung dengan BPJS Kesehatan. Seluruh biaya cuci darah tanpa batasan frekuensi akan ditanggung JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Mutiah, penderita gagal ginjal di Palembang mengatakan, setiap pekan dia harus menjalani cuci darah sebanyak dua kali di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Khadijah Palembang. Wanita berusia 70 tahun ini divonis mengalami Gagal Ginjal pada tahun 2016 lalu.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program JKN-KIS BPJS Kesehatan. Karena seluruh biaya cuci darah tidak dibebankan ke pasien, saya jadi tidak ragu untuk berobat,” ujarnya kepada Kitogalo.com, Senin (11/3/2019).

Semua obat-obatan pun diberikan sesuai dengan yang diresepkan dokter, juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Pelayanan RS Islam Siti Khadijah juga sangat baik, tidak ada perbedaan pelayanan antara peserta BPJS Kesehatan dan umum.

Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Palembang ini juga sempat merasakan keuntungan bergabung dengan program BPJS Kesehatan. Karena suaminya juga terbant saat menjalani operasi Hernia.

Seluruh biaya operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan, membuat semangat hidup suaminya semakin besar.

“Kalau hidup itu penuh dengan pengorbanan, kita harus berjuang dan bekerja keras untuk itu, maka untuk pengobatan JKN-KIS rela menanggungnya,” ucapnya.

BACA JUGA :

Karet Mentah Sumsel Berpotensi Dipakai Bangun Jalan Nasional

Perluas JKN-KIS, BPJS Kesehatan Palembang Gandeng Disnakertrans Banyuasin

BPJS Kesehatan Palembang Sosialisasikan JKN Pekerja Penerima Upah