ilustrasi

Kitogalo.com, Palembang – Bulan ramadan identik dengan pengurangan jatah aktivitas rutin. Meski kegiatan berkurang tapi tetap saja suasana di bulan suci ini bikin anak-anak muda tidak produktif dengan alasan menahan haus, lapar, lelah, dan berbagai alasan lainnya. Karena itulah, sore hari menjelang waktu berbuka saat menunggu adzan magrib menjadi sangat penting bagi mereka yang berpuasa. Ngabuburit istilah kekiniannya.

Konon, ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang artinya mengabiskan waktu sembari menunggu maghrib. Nah, agar ngabuburit kamu nggak ngebosenin dan bermanfaat coba isi dengan kegiatan berikut ini.

1. Taddarus Al-qur’an
Tentu taddarus jadi pilihan utama karena saat membaca kitab suci dengan khidmat maka waktu tidak akan terasa begitu lama. Di tambah lagi kegiatan ini bernilai ibadah yang amalannya berkali lipat hitungannya jika dikerjakan saat bulan ramadan. Jika bosan, taddarus Al-qur’an bisa dilaksanakan bersama-sama dengan komunitas One Day One Juz yang marak di gandrungi saat bulan ramadhan.

2. Berniaga atau jualan
Apa? iya berniaga. Pasar bedug pasti bertebaran di mana-mana saat ramadan. Jadi berjualan di sore hari tak ada sia-sianya. Selain menghabiskan waktu, tentu berjualan makanan atau minuman ringan untuk berbuka bisa melatih jiwa wirausaha kita. Dan tak akan bosan karena kita akan berjumpa dengan banyak karakter orang di bulan ramadan. Eits, kalau ketemu yang aneh jangan jadi bahan ghibah ya, dosa.

3. Belajar
Duh, belajar itu bosan! Eh jangan salah, belajar yang dimaksud di sini bukan berarti belajar diktat seperti kita di sekolah atau di kampus. Belajar yang dimaksud bisa berupa pelajaran praktek, misalnya belajar masak dengan ibu di rumah. Bisa juga belajar bahasa dengan teman-teman bahasa Inggris atau bahasa lainnya yang menarik untuk dipelajari. Jika beruntung, akan lebih asyik jika belajar dengan native speakernya langsung, karena selain belajar bahasa kita juga bisa bertukar budaya yang menarik didiskusikan.

4. Melancong dan Silaturahmi
Ini yang sering dilakukan orang-orang untuk menghabiskan waktu senja. Jalan-jalan dengan orang-orang tercinta, berkunjung menuju tempat yang syahdu untuk mendapatkan kebahagiaan tersendiri. Jika bepergian hendaknya jangan hanya pergi lalu pulang. Akan lebih baik bersilaturahmi ke tempat kerabat atau kawan. Puasa jalan silaturahmi juga tak putus, ibadah dapat semua. Apalagi jika kita sedang berkunjung dibawakan buah tangan (tapi jangan ngarep ya) akan lebih menyenangkan saat pulang kerumah

5. Tidur
Kenapa tidur jadi bermanfaat dan tidak sia-sia?. Ya, karena saat tidur kemungkinan berbuat dosa akan kecil. Saat tidur kita tidak melihat hal-hal yang bisa menimbulkan mulut berucap yang tidak baik, tangan juga akan tercegah dari perbuatan yang tak baik, kaki pun tidak ke mana-mana untuk melangkah ke tempat yang kurang bermanfaat. Jadi tidur bisa saja dipilih. Tapi kontrol juga, tidak setiap hari dilakukan karena takut menimbulkan makruh. Jadi, kegiatan mana yang menurut kamu cocok untuk mengisi waktu ngabuburit kamu?

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here