Kitogalo.com, Palembang – Berwisata biasanya hal yang paling menyenangkan dan merupakan saat untuk mengistirahatkan sejenak pemikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Jika mengunjungi suatu tujuan wisata biasanya pengunjung tinggal menikmati apa yang telah disediakan di destinasi yang dituju.

Namun siapa sangka di Taman Wisata Alam Punti Kayu, pengunjung tak hanya bisa sekedar menikmati pemandangan yang menyatu dengan alam. Tapi mereka juga bisa membantu menjaga alam. Karena Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu punya cara unik untuk menanggulangi sampah yaitu dengan memberikan hadiah bagi pengunjung yang menukarkan sampah di tempat penukaran sampah.

Sebelumnya, telah berbagai macam solusi terus dikembangkan pihak pengelola untuk mengatasi persoalan sampah tersebut. Dan kali ini akhirnya ada cara paling unik dan menarik perhatian dlaam mengatasi persoalan sampah.

“Jadi untuk menanggulangi sampah, kita imbau kepada pengunjung membawa sampah yang mereka bawa sebelumnya. Kemudian sampah-sampah tersebut akan di tukar dengan hadiah menarik dari pihak pengelola,” ujar Manajer Pengelola, Raden Azka.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak awal September ini disambut baik oleh para pengunjung TWA Punti Kayu. Hadiah yang ditawarkan bukanlah sembarang hadiah, mulai dari bibit tanaman hingga pernak-pernik yang berkenaan dengan TWA Punti Kayu Lainnya.

“Selain bibit, kita ada juga stiker logo Punti Kayu. Terus untuk anak-anak kita ada alat tulis seperti penghapus dengan gambar emoji, itu banyak juga yang suka,” tambahnya.

Memberikan bibit sebagai hadiah membuat pengunjung memiliki kesan tersendiri. Ditukarkan di dekat pintu keluar, beberapa pengunjung malah ketagihan untuk menukar sampah yang dibawa dengan berbagai macam bibit tanaman.

“Pengunjung antusias dengan kegiatan ini. Jadi kita kasih beberapa bibit mereka senang. Malah ada yang mau coba bibit lain, misalnya sebelumnya udah dapat bibit cabai, terus selanjutnya dia mintanya bibit tanaman lain,” ujarnya pada Selasa, 11 September 2018.

Raden berharap dengan adanya kegiatan penukaran sampah dengan bahan hadiah menarik ini dapat meningkatkan kesadaran pengujung untuk tetap menjaga kebersihan TWA Punti Kayu.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here