Peresmian kapal wisata Must See Musi (Sripoku.com)

Kitogalo.com, Palembang – Upaya untuk mendukung perkembangan pariwisata Kota Palembang tak hanya dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait akan pariwisata. Salah satunya Bank Indonesia (BI) yang baru saja meresmikan operasional perahu wisata yang mengintegrasikan objek wisata yang terbentang di sepanjang sisi sungai Musi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Rudy Hairudin mengatakan perahu ini diberi julukan Perahu Wisata Sungai Musi “Must See Musi“. Setelah lancar beroperasi nanti, perahu ini akan mengintegrasikan semua objek wisata di sepanjang sungai Musi dari pulau Kemaro sampai Kertapati. Salah satunya yang sudah mulai menggunakan perahu wisata ini adalah sentra kain Griya Tuan Kentang di Kertapati,” ujar Rudi, Rabu sore 26 September 2018.

Di sekitaran sungai Musi terdapat banyak objek wisata yang aksesnya bisa lebih cepat dan efisien jika menggunakan jalur air. Dengan menggunakan perahu, turis yang berwisata ke berbagai objek wisata tersebut dapat menikmati wisata sungai dan beragam objek wisata lainnya. Selain perahu wisata, BI juga memberikan bantuan berupa hiasan untuk angkutan ketek di sungai musi. Total ada 30 perahu ketek yang sudah dihias.

“Kampung Almunawar dan berbagai tempat wisata lainnya juga akan kami integrasikan dengan perahu wisata ini,” kata dia.

Sementara, Wakil Ketua komisi XI DPR RI, Ahmad Hafizs Tohir memberikan apresiasi yang besar terhadap langkah yang dilakukan Bank Indonesia tersebut. Karena ini sangat baik untuk mendukung perekonomian Sumsel dari sektor pariwisata.

“Kami dari wakil rakyat tentu sangat senang dan siap mendukung program pengembangan pariwisata ini. Sebab dengan adanya akses menuju objek wisata yang mudah bisa mengembangkan industri dan beragam usaha kreatif yang ada di sekitaran sungai Musi,” jelasnya.

Pengembangan sektor pariwisata secara otomatis turut kesempatan bagi usaha berbasis rumahan menjadi bisnis yang bisa menghasilkan produk berkualitas ekspor seperti kain songket, jumputan dan produk kerajinan lainnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here