Harnojoyo menerima penghargaan dari Kemenpar (Instagram harno.joyo)

Kitogalo.com, Palembang – H.Harnojoyo kini telah mengakhiri kepemimpinannya sebagai Walikota Palembang. Diakhir masa jabatannya ini, Harnojoyo dianugerahi penghargaan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedaman gedung Sapta Pesona, Jakarta, acara yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang memiliki komitmen, inovasi dan performasi dalam memajukan pariwisata daerah ini diberi tajuk penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

Dikutip dari Sripoku.com, Menteri Pariwisata Rebuplik Indonesia (Menpar RI), Arief Yahya sangat mengapresiasi penyelenggaraan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018. Walau baru pertama kalinya dilaksanakan, namun ajang ini merupakan upaya mendorong Pemerintah Daerah (Pemkab/Pemkot) di seluruh Indonesia dalam membangun potensi pariwisata daerah, sekaligus mendukung pariwisata nasional yang ditetapkan sebagai leading sektor dalam perekonomian nasional.

Dalam acara penganugerahan ini, Arief menyampaikan bahwa sudah ada target tersendiri yang harus dicapai pada tahun depan. “Target pariwisata tahun 2019 dapat menghasilkan devisa Rp. 280 triliun dan memberikan kontribusi sebesar 5,5% pada PDB nasional serta menciptakan 13 juta tenaga kerja,” jelasnya.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 menilai dari tiga unsur (3C) yaitu calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri) dan credibility (kredibilitas). Tak hanya Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award, terdapat pula penghargaan nasional yakni Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang diselenggarakan oleh Kemenpar. ISTA diadakan untuk memantapkan komitmen pemerintah daerah dalam menerapkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan yang terdapat di daerah masing-masing.

“Ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau kalibrasi bahwa para pemenang dalam ajang ini adalah kota/kabupaten yang berkomitmen menerapkan program pembangunan pariwisata berkelajutan dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya,” ujar Menpar Arief.

Disamping itu, Pimpinan Umum Yokatta News, Yong Keng Hoat, yang juga sebagai ketua penyelenggara ajang Yokatta Wonderful lndonesia Tourism Award 2018 mengaku telah menyeleksi daerah terbaik dalam bidang pariwisata yang tersebar di Indonesia.

“Kami memilih 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di indonesia dan dari jumlah ini dipilih top 10 kota terbaik, top 10 kabupaten terbaik, dan top 1 dari masing-masing provinsi di Indonesia,” terang Yong Keng Hoat.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengaku sangat bersyukur setelah mendapatkan penghargaan dari Kemenpar. Ia menyampaikan bahwa penghargaan ini ia jadikan semangat untuk terus memperbaiki Pendapatan Asli Daerah Palembang. “Penghargaan ini harus dijadikan pemacu, agar lebih meningkatkan inovasi di dunia pariwisata, yang mana nantinya akan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD)”.

Ia juga menyebutkan penghargaan ini tak luput dari kebersamaan dan kekompakan dari masyararakat. “Dan keberhasilan ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat Kota Palembang,” terang Harno.

“Dengan semangat gotong-royong, mari kita wujudkan kembali citra Palembang sebagai Venesia dari timur,” kata pria pelopor safari subuh ini.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here