Sumber: Tempo.com

Kitogalo.com, Palembang – Walaupun akan menghadapi pertandingan dengan jadwal yang padat, para atlet tentunya tetap memerlukan makanan sebagai asupan energi. Dalam memenuhi kebutuhan pangan selama Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada bulan Agustus nanti, beras lokal telah dipersiapkan untuk menjadi pemasok utama event olahraga terbesar kedua di dunia tersebut. Beras lokal yang dimaksud merupakan beras organik asli dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur(OKUT). Tak tanggung-tanggung, nantinya 50 ton beras akan diantarkan langsung ke komplek Jakabaring Sport City, Palembang.

Dilansir dari Tempo.co, Kepala Humas Pemerintah Kabupaten OKUT, Prayoga menyatakan bahwa mereka akan siap menyediakan beras lokal sesuai permintaan. Kabupaten OKUT yang merupakan kabupaten produsen beras ini telah memaksimalkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan sawah yang di garap. Hal ini menjadikan Kabupaten OKUT dapat memenuhi permintaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, beras yang mampu diproduksi oleh kabupaten ini semakin bertambah. Seperti yang dikatakan Prayoga, “Per tahunnya kita mampu menghasilkan 350 ton.” Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin menyatakan bahwa Sumsel merupakan provinsi yang kaya dengan sumber daya alam dan juga hasil tani yang melimpah ruah. Ini dibuktikan dari hasil panen yang didapat mulai dari beras, jagung, sawit, dan karet. Oleh karena itu tak sia-sia menggunakan sumber daya dari bumi Sriwijaya untuk kebutuhan Asian Games yang sebagian lombanya akan diadakan di kota Palembang.

Maka dari itu, beras organik OKUT dipilih menjadi pasokan utama resmi dalam perhelatan akbar Asian Games dari bulan Agustus hingga September 2018 nanti. “Saat Asian Games nanti, akan kami gunakan beras organik dari OKU Timur,” Tutup Alex.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here