Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Ketiga masih dibuka hingga hari ini (kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Hari ini tanggal 30 April 2020 merupakan hari terakhir pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang ketiga setelah dibuka 27 April lalu. Kamu masih punya kesempatan untuk menjadi bagian dari 5,6 juta orang yang menjadi target pemerintah untuk menerima pelatihan dan uang tunai.

Jika kamu berniat mendaftar, pertama-tama kamu hanya perlu memenuhi tiga syarat mudah ini dahulu. Yaitu:
1. Warga Negara Indonesia (WNI),
2. Usia di atas 18 tahun, dan
3. Tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan formal.

Setelah itu, daftarkan diri kamu di website prakerja.go.id. Ada beberapa pertanyaan standar mengenai identitas pribadi yang wajib diisi. Jangan lupa cantumkan nomor handphone dan email milik kamu yang kamu pakai untuk berkomunikasi dan masih aktif. Sebab, verifikasi pertama harus segera kamu lakukan melalui email yang kamu daftarkan.

Adapun berkas yang perlu kamu siapkan hanyalah foto KTP dan foto selfie memegang KTP. Tapi, jangan anggap enteng dua hal ini. Kualitas foto selfie-mu haruslah jelas dan terang agar mudah dikenali sistem.

Setelah itu, kamu harus mengikuti tes dasar dan kompetensi berjumlah 18 pertanyaan yang harus kamu selesaikan dalam 25 menit. Karena pertanyaannya tidak terlalu sulit, dengan waktu 25 menit dipastikan kamu bisa menjawab semua soal. Setelah beres, klik gabung ke Gelombang Ketiga.

Berikut ini hal penting yang perlu kamu cermati saat mendaftar program Kartu Pra Kerja:

1. Pastikan memenuhi syarat yaitu tidak sedang bekerja atau pekerjaanmu terdampak COVID-19. Atau kamu sedang tidak mengikuti pendidikan formal atau baru lulus kuliah.

2. Siapkan KTP. Lalu ambil foto KTP, dan foto selfie dengan KTP (sesuai petunjuk) dengan kualitas yang baik alias jangan blur.

3. Pastikan nomor telepon dan email yang didaftarkan aktif dan kamu gunakan sehari-hari. Bila perlu buat email baru agar kamu bisa memantau perkembangannya.

4. Saat mengikuti tes, siapkan kertas dan pensil/pulpen. Sebab, kemungkinan kamu perlu untuk coret-coretan untuk menjawab pertanyaan hitungan meskipun sederhana.

4. Siapkan nomor rekening BNI bagi yang punya, atau segera download LinkAja. Jika tidak, kamu bisa mengunduh aplikasi Gopay atau OVO dan mencantumkan nomor HP kamu. Sebab, transfer akan diberikan melalui empat jenis ini.

5. Sabarlah menunggu beberapa hari karena pendaftaranmu sedang dievaluasi. Bagi yang lolos akan dikirimkan notifikasi melalui pesan pendek atau sms, untuk selanjutnya mengikuti pelatihan online dan menerima bantuan uang tunai yang akan ditransfer ke akun yang kalian daftarkan.

Peserta Kartu Pra Kerja yang dapat menerima pelatihan adalah mereka yang sudah lolos verifikasi dan test kompetensi di situs prakerja.go.id.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kartu Pra Kerja, pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id.

Tiwi Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here