Jembatan Musi IV Palembang. Sumber Foto: sumateradeadline.co.id

Kitogalo.com, Palembang – Walaupun Asian Games sudah berlalu, namun seluruh infrastruktur yang telah dibangun di Palembang tak langsung dibiarkan begitu saja. Salah satunya proyek jembatan Musi IV Palembang yang saat ini sudah hampir jadi dan memasuki tahap 93,50 persen dan diyakini akan selesai pada bulan November.

PPK Jembatan Metropolis Kota Palembang Suwarno mengatakan rencana awal Mega proyek tersebut memang seharusnya selesai sebelum Asian Games. “Planning awal sebelum Asian Games. Akhir Oktober dipastikan sudah tersambung,” ujarnya dilansir dari tribunnews, Minggu (16/9/2018). Namun untungnya hingga sekarang progress jembatan Musi IV belum mengalami kendala.

Saat ini, pekerja sedang fokus menyambungkan bentang tengah dan pekerjaan saluran drainase STA 0 + 000 dengan pemasangan U Ditch merupakan dari saluran beton bertulang. Tak hanya itu, pada bentang tengah juga dilakukan pekerjaan box girder A 16 dengan beton box girder segmen A16. Kemudian para pekerja juga sedang melakukan pengecoran sis kiri-kanan barier P10-P11.

“Setelah tersambung akan dilakukan uji laik terlebih dahulu, barulah akhir November dibuka untuk umum dan sudah dapat dilewati oleh masyarakat ,” tambahnya

Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 553 miliar.

Memiliki total panjang 1.130 meter dengan panjang bentang utama 312,8 meter dan dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Lebar jembatan 12 meter nantinya akan digunakan untuk bahu jalan dan dua lajur kendaraan. Jembatan ini nantinya akan menghubungkan sebrang Ulu dan Ilir.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here