Ilustrasi Parkir (Kompas.com)

Kitogalo.com, Palembang – Tinggal menghitung hari, perhelatan Asian Games akan digelar. Tuan rumah khususnya Kota Palembang terus berbenah guna memaksimalkan penyambutan pesta olahraga Asia ini. Lalu lintas merupakan salah satu masalah yang tiada henti jadi keluhan masyrakat. Menanggapi masalah tersebut, mulai besok, 12 Juli 2018 lahan parkir yang berada di badan jalan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga ke Jakabaring akan dikosongkan.

Dikutip dari Sripoku.com, penutupan lahan parkir di badan jalan ini diperintahkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Palembang, Marta Edison. “Mulai lusa tak ada lagi kendaraan parkir dari Bandara hingga ke Jakabaring,” kata Marta pada Rabu (11/07/2018).

Tak hanya serta merta menutup lahan parkir, Dinas Perhubungan Kota Palembang menyiapkan beberapa lahan parkir pengganti untuk para penggunjung. Apalagi kawasan padat di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, parkir sudah disiapkan dibeberapa titik.

Adapun beberapa titik tersebut meliputi parkir di bawah Jembatan Ampera, Masjid Agung, Internasional Plaza (IP), Cineplex, Atmo, Masjid Lama.

Kebijakan ini juga sudah disosialisasikan kepada para Juru Parkir (Jukir). Marta menyampaikan bahwa para jukir bisa tetap beroperasi di tempat parkir yang sudah disediakan.”Jukir tetap bisa jaga parkir di titik titik kantong parkir tadi, ” katanya.

Selain mengosongkan titik parkir, uji coba konektivitas kendaraan di lima stasiun LRT yakni Stasiun Palembang Icon, Jembatan Ampera, Jakabaring, OPI dan Asrama Haji akan dilakukan. Marta mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan 50 bus bantuan untuk mengangkut penumpang yang membawa kendaraan pribadi tetapi ingin menggunakan jasa LRT untuk menjangkau titik terdekat stasiun LRT. “Kita menyiapkan tempat penitipan mobil, sehingga warga menggunakan moda transportasi LRT,” katanya.

Adapun beberapa tempat sudah disiapkan untuk menitipkan mobil pribadi bagi para pengguna jasa LRT diantaranya, Terminal Alang Alang Lebar, Karya Jaya, halaman DPRD Provinsi, Kantor Bulog Simpang BLK, Cineplex, Stasiun Kertapati dan pusat penitipan mobil di Dekranasda.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here