Kitogalo.com– Mudik lebaran sudah menjadi tradisi orang Indonesia setiap tahunnya. Tidak terkecuali bagi masyarakat Sumatera Selatan Sumsel. Kereta api menjadi pilihan bagi pemudik untuk pulang ke kampung halaman dan kembali ke kota tempat tinggal.

Banyak alasan pemudik memilih kereta api untuk mudik, selain ketepatan waktu juga harga yang sangat bersahabat dibandingkan harga tiket jika menggunakan bus atau pesawat. “Hanya saja, saya pesannya jauh hari sebelum lebaran,” kata Aan salah satu penumpang Kereta Api saat dibincangi di Stasiun Kertapati Palembang, Minggu, 2 Juli 2017.

Harga tiket kereta api dari Kertapati Palembang tujuan Lubuk Linggau (KA Ekonomi Serelo) maupun Rajabasa Tujuan Tanjung Karang Bandar Lampung hanya Rp. 35.000. Bandingkan dengan naek pesawat yang bisa mencapai Rp 1 juta saat musim mudik Lebaran.

Kepala Stasiun Kereta Api Kertapati Dedik Sunarko mengatakan puncak arus balik berada pada H-1 dengan jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Kertapati sebanyak 1.925 orang penumpang. Sementara kapasitas penumpang setiap hari itu ada 2.702 tempat duduk. “Sisanya bisa naik dari stasiun lain, contohnya stasiun Prabumulih, :ahat atau stasiun lainnya,” kata Dedik.

Peningkatan jumlah penumpang di tahun 2017 diperkirakan sekitar 3-4 persen dari tahun sebelumnya dengan perhitungan penumpang dari Stasiun Kertapati. “Adanya peningkatan penumpang tersebut dikarenakan kita ada penambahan gerbong atau memaksimalkan jumlah gerbong jadi kenaikannya tiga hingga empat persen yang naik dari kertapati,” pungkasnya.

Alex Romdhoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here