Penyanyi Korea, Hwang Young Min (Tim) (Twitter)

Kitogalo.com, Palembang – Upacara pembukaan Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus mendatang. Meskipun dipusatkan di Ibukota Indonesia, Jakarta namun Palembang selaku tuan rumah kedua setelah Jakarta juga akan menggelar Opening Ceremony.

Melansir Tribunnews.com, Opening Ceremony yang akan digelar di Plaza depan Stadion Gelora Sriwijaya mengusung konsep yang lebih santai daripada di Jakarta. Hal ini dijelaskan oleh Nirmala Dewi, Staff Khusus Ketua Indonesia Asian Games Organizing Comittee (INASGOC).

Pasalnya di Jakarta akan mengadakan prosesi-prosesi resmi seperti parade atlet per negara, penaikan bendera, kata sambutan dari Presiden dan lain-lain. Sedangkan di Palembang, masyarakat bisa menikmati suasana santai dan terbuka.

“Kalau di sini lebih santai. Bisa santai makan sambil dengerin musik, bisa dengerin culture kita. Terus bisa saling kenal satu sama lain, sama pejabat-pejabat daerah dan volunteer,” ujarnya.

Adapun peserta acara tersebut ialah sekitar 3.000 atlet yang bertarung di Palembang, official, hingga 1.000 orang dari tamu-tamu daerah Sumsel serta tamu olahraga. Ia menuturkan bahwa alasan kemanan membuat tak ada transaksi jual beli tiket di acara pembukaan.

“Undangannya ada, tapi ga kita jual. Karena selain keterbatasan tempat, kita juga memikirkan keamanan di Jakabaring ini,” tambahnya.

Sedangkan bintang tamu yang hadir juga akan didatangkan dari dalam dan luar negeri termasuk artis korea. “Ada The Titans, Hwang Young Min, Choi Dong Eook, Hiroaki Kato, dan Andra and The Backbone. Terakhir ada perform Dj Brooklyn,” bebernya.

Acara tersebut akan dimulai pada Pukul 17.00 WIB hingga malam hari. Ia menuturkan, tak menyentuh keformalan, acara pembukaan ini harus meriah dan membawa kesan bahagia bagi seluruh stakeholader yang ikut dalam acara tersebut.

“Beda dengan GBK karena di sana lebih official, tapi di sini santai. Kita ga mau nyusahin atlet, kita di sini harus lebih bahagia. Gimana caranya itu tugas berat,” pungkasnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here