Startup Unicorn (Sumber : www.cnbcindonesia.com)

Kitogalo.com, Palembang – Nama Unicorn saat ini lagi hangat-hangatnya jadi trending topic di media mainstream maupun media sosial. Unicorn sendiri muncul saat sesi Debat Calon Presiden (Capres) 2019 antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Saat Capres nomor urut 1 menanyakan tentang bagaimana dukungan untuk membangun Unicorn di Indonesia. Pertanyaan ini sontak membuat Prabowo Subianto kebingungan karena tidak mengerti apa maksudnya.

Startup Unicorn sendiri adalah sebutan untuk perusahaan rintisan yang bernilai sekiar Rp 13,5 Juta. Ada empat Startup Unicorn yang ada di Indonesia, apa saja sih?

  1. Go-Jek
Para Driver Go-Jek cantik (Sumber : www.kompasiana.com)

Tentu kalian tahu dong dengan nama merk aplikasi transportasi berbasis online ini. Yap, Go-Jek menjadi perusahaan Indonesia pertama yang mendapat gelar Unicorn. 

Perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini menerima suntikan dana sebesar 550 Juta Dollar Amerika Serikat dari konsurmium delapan investor, yang dipimpin oleh Sequoia Capital dan Warburg tahun 2016.

Valuasi Go-Jek juga mendapat tambahan sebesar 1,2 Miliar Dollar Amerika Serikat dari perusahaan raksasa China, yaitu Tencent Holdings dan JD.com.

Apalagi perusahaan berlogo warna hijau ini sudah mengembangkan bisnisnya di Vietnam dan Thailand dengan aplikasi yang sama.

2. Tokopedia

Salah satu sudut kantor E-Commerce Tokopedia (Sumber : kabar24.bisnis.com)

E-Commerce ini dirintis oleh William Tanuwijaya tahun 2009 dan menjadi perusahaan Startup Unicorn terbesar kedua di Indonesia.

Tokopedia sendiri mendapat kucuran dana sebesar 1,1 Miliar Dollar Amerika Serikat dari aplikasi E-Commerce internasional Alibaba. Perusahaan ini dinobatkan menjadi Startup Unicorn setelah enam tahun beroperasi.

William Tanuwijaya memang mempunyai basic IT yang mumpuni. Dia pernah bergabung dengan Google dan Facebook di tahun 2003. Lalu bekerja sebagai IT and Bussiness Development Manager di Indocom Mediatama.

3. Bukalapak

Salah satu iklan program Bukalapak.com yang dibintangi Dian Sastrowardoyo (Sumber : www.bukalapak.com)

Bagi kalian yang doyan banget belanja dengan harga miring, atau jual barang secara online agar laris manis di pasaran, pasti membidik aplikasi ini.

Yap.. Bukalapak menjadi Startup Unicorn terbesar ketiga meskipun perusahaan ini tidak terlalu gencar mencari suntikan dana di tahun 2018.

Perintisnya adalah Achmad Zaky, yang sempat juga membuat statement kontroversi di akun Twitternya. Hastag #uninstalbukalapak pun jadi trending topic di Twitter dan Facebook.

Well.. Bukalapak sendiri memiliki 500 Startups, GREE Ventures dan Queens Bridge Venture Partner sebagai investornya. Salah satu perusahaan yang mengucurkan dana untuk E-Commerce ini yaitu EMTEK Group di tahun 2015.

Bukalapak juga membantu banyak para Unit Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia untuk mempromosikan produknya, dengan cara memanfaatkan teknologi internet.

4. Traveloka

Aplikasi Traveloka menawarkan beragam perjalanan dan jasa pemesanan transportasi darat dan udara (Sumber : www,coins.ph)

Kalau kamu hobi jalan-jalan ke luar kota, pasti sudah tahu dengan aplikasi e-ticketing ini. Traveloka kini menduduki Startup Unicorn keempat setelah mendapat suntikan dana dari Expedia, East Ventures, Hillhouse Capital Group, JD.com dan Squoia Capital di tahun 2016-2017.

Kucuran dana segar yang masuk ke Traveloka sebesar 500 Juta Dollar Amerika Serikat, sudah empat kali putaran pendanaan sejak November 2017 lalu.

Traveloka kini sudah meluncurkan layanan Pay Later yang memudahkan penggunanya melakukan pembayaran dengan cara angsuran mudah dan suku bunga rendah.

Siapa sih CEO dari Traveloka ini?? Ternyata dia adalah Ferry Unardi, pria kelahiran Padang 16 Januari 1988. Pria bertubuh tambun ini awalnya membangun usaha jasa pemesanan tiket pesawat ini, tanpa ada dukungan dari maskapai di Indonesia.

Namun perkembangan aplikasi ini membuat para maskapai kini banyak bergabung untuk mempermudah transaksi jual beli tiket pesawat. Selain pesawat, ada juga jasa penjualan tiket online untuk kereta api lho.

So.. kamu gak bingung lagi kan apa artinya Startup Unicorn yang lagi jadi hot trending topic ini. Dari debat Capres 2019 ini, ternyata banyak juga pengetahuan yang didapatkan yah…

BACA JUGA :

5 Spot Foto yang Wajib Kamu Abadikan di Kampung Kapitan Palembang

Asal Muasal Pempek di Kota Palembang

Akbar Alfaro Ajak Generasi Milenial Berwirausaha