Ilustrasi make up pemula (hariangadis.com)

Kitogalo.com, Palembang – Hey kamu yang baru saja baru saja berniat untuk menggeluti dunia makeup! Pasti bingung kan menentukan produk dasar yang harus kamu punya sebagai pemula. Apalagi zaman sekarang memang peralatan makeup saat ini sudah terlalu beragam. Mulai dari yang sudah ada sejak zaman orang tua kita masih muda dulu, seperti eyelashes curler, sampai produk yang baru muncul beberapa tahun silam, seperti beauty blender.

Nah, semua produk yang bisa dibeli sebagai pemula bisa disimak dalam artikel ini. Dimana semua itu merupakan pelengkap dari peralatan makeup basic yang sudah dimiliki sebelumnya ya, seperti BB cream, dan bedak. Siap? Yuk, mulai!

1. Pelembap dan primer

Face Primer (entertaimentgeek.com)

Makeup yang paripurna selalu diawali dengan skincare terbaik. Persiapkan kulitmu dengan pelembap dan tentu saja primer. Duo maut tersebut akan membuat makeup tampak flawless dan tahan lama. Beda jenis kulit, beda pula pelembap dan primer yang dibutuhkan. Jangan sekadar tergiur oleh produk yang sedang ngeheitz ya, Ladies. Selalu gunakan pelembap dan primer yang sesuai dengan kulitmu. Biasanya sih primer matte akan diaplikasikan di area T-zone, dan primer melembapkan akan dipulaskan di area wajah yang lain.

2. Concealer dan foundation

Foundation and concealer (milanicosmetics.com)

Concealer dan foundation yang baik adalah yang mampu meniru warna kulit. Pilihlah warna foundation yang sesuai dengan warna kulitmu, atau, bila foundation-nya mengalami oksidasi (menjadi gelap), pilihlah warna yang 1-2 tingkat lebih terang dari kulitmu. Sementara untuk concealer, pilihlah yang warnanya 1-2 tingkat lebih terang untuk kulit apabila akan digunakan di area bawah mata. Kalau untuk dipakai menutupi noda jerawat, pilihlah yang warnanya menyerupai warna kulit.

3. Produk alis dan spoolie brush

Produk alis (beautynesia)

Alis adalah bingkai wajah. Pastikan kamu memilih produk alis yang sesuai dengan kondisi alis dan juga seleramu ya. Untuk pemula, sebaiknya gunakan pensil alis terlebih dahulu yang relatif lebih mudah digunakan dan terjangkau. Selain itu, pastikan kamu memiliki spoolie brush yang berfungsi untuk merapikan alis dan membaurkan produk alis.

4. Eyeliner dan maskara

Mascara dan eyeliner (lookfantastic.com)

Eyeliner bukan saja berfungsi untuk memberikan ilusi mata yang lebih besar, tetapi dapat juga menjadi sebuah statement loh. Misalnya saja cat-eyeliner yang memberikan kesan eminine, dan wing-eyeliner yang memberikan kesan seksi. Saat ini eyeliner sudah tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Namun biasanya pemula akan lebih nyaman dengan eyeliner bentuk pensil atau gel karena lebih mudah dikendalikan.

5. Nude dan red lipstick

Ilustrasi lipstick (beautybay.com)

Dua warna lipstik ini sangatlah dibutuhkan untuk membuat tampilan yang bervariasi. Nude lipstick digunakan saat Ladies ingin tampil lebih kalem, atau untuk menyeimbangkan riasan mata yang berat. Sementara lipstik merah digunakan saat Ladies ingin penampilan yang lebih ekstra, atau saat Ladies malas ribet di area mata, tetapi ingin tampil cetar.

6. Blush on dan highlighter

Ilustrasi blush on (beautymakeuproyalty.com)

Agar tampilan makeup tampak alami dan segar, jangan lupa untuk aplikasikan blush on yang sesuai dengan undertone kulitmu. Pemilik warm tone bisa menggunakan blush on warna peach atau warm pink. Sementara pemilik cool undertone bisa menggunakan warna rosy pink atau pink-keunguan. Sementara untuk highlighter, pastikan kamu mengaplikasikannya di tempat yang semestinya ya, seperti tulang hidung, tulang pipi, dan bagian atas bibir tipis-tipis aja ya. Namun untuk pemilik kulit berminyak, sepertinya kamu tidak terlalu membutuhkan banyak highlighter karena sudah memiliki highlighter alami… hehe

7. Eyeshadow palette

Ilustrasi Eyeshadow pallete (jeffrestarscosmetics.com)

Untuk pemula, pilihlah eyeshadow palette yang terjangkau dan memiliki warna netral agar kamu lebih leluasa tetapi aman saat bermain warna. Beberapa produk lokal pun sudah menawarkan eyeshadow palette yang oke punya loh, Ladies.

8. Brushes and tools

Brush tools (amazone.com)

Kamu bisa menggunakan alat makeup untuk pengaplikasian foundation, blush, dan concealer, atau juga bisa mengandalkan beauty sponge. Sementara untuk riasan mata, bisa menggunakan kuas, baik yang dijual satuan maupun dalam bentuk set.

9. Makup remover dan korek kuping

Make up remover (Kosmetech.com)

Kesalahan saat menggunakan makeup sangat biasa terjadi. Manfaatkan korek kuping untuk menghapus eyeliner yang tidak seimbang atau lipstik yang meleber ke mana-mana. Setelah itu, setelah Ladies puas bermain makeup atau selesai beraktivitas, jangan lupa bersihkan makeup ya Ladies. Makeup dipenuhi oleh berbagai zat kimia yang berbahaya apabila tidak segera dihapus. Biasakan untuk selalu menghapus makeup setelah seharian beraktivitas, ya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here