Pablo Picasso (Wikipedia)

Kitogalo.com – Tanggal 9 Januari 2012 menjadi hari menghebohkan di dunia seni. Delapan tahun yang lalu, sebuah lukisan karya Pablo Picasso, yang diberikan kepada Galeri Nasional Athena oleh sang seniman sendiri, dicuri pada Senin pagi saat itu.

Lukisan Picasso dicuri bersama dengan lukisan berharga lainnya, Mondrian dan sketsa seniman Italia Guglielmo Caccia. Ketiga karya seni tersebut diambil dari bingkai masing-masing. Demikian dikutip dari BBC, Rabu (7/1/2020).

Picasso’s Woman’s Head adalah patung berbentuk kubus yang dibuat oleh Picasso pada tahun 1939. Karya Mondrian berasal dari tahun 1905 dan merupakan lukisan minyak kincir angin di tepi sungai. Adegan religius Caccia tentang St Diego de Alcala merupakan karya seni yang dibuat dengan pena dan tinta.

Picasso’s Woman’s Head diberikan kepada Yunani pada tahun 1949 sebagai pengakuan atas perlawanan negara itu terhadap Nazi Jerman.

Pencurian terjadi tak lama sebelum pukul 05.00 waktu setempat dan aksi pencuri tersebut hanya memakan waktu tujuh menit. Berdasarkan laporan polisi, pencuri masuk ke bagian belakang galeri setelah memaksa membuka pintu balkon.

Saat pencurian, seorang penjaga yang bertugas saat itu mendengar alarm dan melihat siluet seseorang yang berlari dari gedung. Ia kemudian berlari mengejar maling itu, yang kemudian menjatuhkan lukisan Mondrian’s Landscape saat dia melarikan diri.

Polisi mengatakan penjaga terganggu oleh beberapa alarm yang berbunyi secara bersamaan di berbagai titik dalam gedung. Saat penjaga pergi untuk menyelidiki, tidak ditemukan seorang pun di dalam galeri.

Pencurian itu terjadi pada hari terakhir pameran yang bertajuk Unknown Treasures, termasuk karya-karya seniman Jerman Albrecht Duerer dan Rembrandt.

Dalam pameran tersebut, terdapat juga koleksi pameran besar seni Yunani pasca-Bizantium, koleksi kecil karya seni Renaissance, dan beberapa lukisaan karya El Greco.

Pihak museum menutup galeri sebagai akibat insiden pencurian lukisan. Penutupan galeri tersebut juga sudah dijadwalkan, karena adanya perluasan dan pekerjaan perbaikan setelah berakhirnya pameran Unknown Treasures.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here