(Pexels.com)

Kitogalo.com – Ketika kamu berbicara dengan teman, pacar atau keluargamu tentang sesuatu, kamu biasanya melihat tidak ada tanda-tanda kebohongan dari yang disampaikannya?

Kalau tidak bisa mendeteksi itu, kamu bisa melihat 6 bahasa tubuh yang ditunjukkannya, jika dia sedang berbohong di hadapan kamu. Apa aja sih?

1. Menjilat dan Menggigit Bibir

Bahasa tubuh ini biasanya ditunjukkan oleh orang yang terpaksa berbohong. Mereka biasanya sulit berbicara, karena mulut mereka jadi sangat kering.

Penjelasan sederhanyanya gini. Saat seseorang tertekan, sistem saraf otonom akan menurunkan produksi air liur. Jika kamu menawarkan segelas air putih ke dia, pasti akan diminumnya dengan cepat.

2. Mendongakkan Dagu

Jika ada yang menahan bahu ketika mengatakan sesuatu, bisa jadi dia sedang merasa insecure dengan perkataannya sendiri. Bahkan dia akan mendongakkan dagunya secara otomatis, sehingga membuat kata-katanya terdengar kuat.

3. Kedua Mata Terbuka Lebar

Psikolog mengklaim bahwa pembohong tidak akan dapat mempertahankan kontak mata dalam waktu lama.

Namun jika seseorang berbohong dan ingin kamu mempercayai ucapannya, mereka akan mencba menatapmu tepat di mata, untuk membuat diri mereka sendiri dapat dipercaya.

4. Memiringkan Kepala

Charles Darwin memperhatikan bahwa manusia, seperti halnya hewan, akan memiringkan kepala mereka jika sedang tertarik dengan sesuatu.

Pembohong kemungkinan juga akan memiringkan kepalanya saat mencoba mengulur-ulur waktu, untuk menjawab suatu pertanyaan.

5. Menarik Kerah

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan. Ketika kita dalam bahaya, kita akan menarik kerah terlalu ketat, untuk mencari udara segar. Gerakan ini menunjukka bahwa seseorang merasa sangat tidak nyaman dan ingin bebas.

Sikap lainnya yaitu menggosok leher. Gerakan ini mungkin terlihat seolah-olah dia benar-benar memikirkan pertanyaanmu.

6. Merapikan Penampilan

Perilaku ini biasanya terlihat pada wanita, ketika tidak merasa nyaman untuk menjawab pertanyaan. Mereka akan memainkan rambut atau memperbaiki makeup di area mata mereka.

Gestur ini memungkinkan mereka untuk merasa aman dan tampil percaya diri , atas kebohongan kecil yang akan mereka sampaikan.

Editor : Nefryu