(Sumber : twopointfivekids.blogspot.com)

Kitogalo.com, Palembang – Bagi kamu yang berstatus seorang mahasiswa yang masih memiliki waktu luang, kamu bisa mengisinya dengan kegiatan bermanfaat, yaitu dengan membuka usaha kecil-kecilan. Usaha yang kamu rintis, tentunya bisa menambah uang jajan kamu lho.

Ditengah kesibukan kamu di kampus, ada beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang bisa kamu lakukan. Apa saja sih? Yuk disimak…

1. Bisnis Online

(Sumber : yolbeauty.id)

Bisnis online ini sangat mudah lho. Kamu gak perlu punya kios, tapi hanya perlu memanfaatkan smartphone dan jaringan internet kamu. Modal yang di butuhkan juga tidak terlalu banyak untuk modal awal.

Kamu bisa menjadi reseller atau dropshiper dari sebuah toko fisik maupun toko online. Usaha kamu ini juga bisa membantu toko untuk memasarkan produk mereka. Harga yang diberikan kepada reseller juga biasanya lebih murah dari harga pasaran.

Dari usaha ini, kamu bisa meraup keuntungan 10 – 20 persen, lumayan kan. Selain itu, konsumen yang berbelanja juga tidak hanya dari daerah asalmu saja, tapi juga bisa dari luar pulau bahkan mancanegara.

Cara pemasaran bisnis online juga sangat mudah, pakai seluruh jejaring sosial yang kamu punya lalu bagikan produk-produk yang kamu jual. Cukup mudah kan..

2. Usaha Jajanan dan Minuman

(Sumber : www.danasnook.com)

Sekarang ini banyak para anak muda, baik dari kalangan mahasiswa atau lainya yang membuka usaha kuliner kecil-kecilan. Kamu cuma butuh kreatifitas dan konsep yang unik serta menarik.

Salah satu caranya dengan menjual makanan kekinian, yang akan mempermudah pemasaranya kepada khalayak umum.

Menu snack dessert seperti Fruit Salad, Oreo Cheesecake dan Choco Banana bisa kamu coba untuk usaha baru. Kamu dapat membuka stand online atau kamar kost sebagai standmu.

3. Laundry Sepatu

(Sumber : Tempo.co)

Peluang usaha laundry sepatu ini juga bisa menjadi bisnis sederhana yang jadi kesempatan emas buat kamu. Apalagi kebanyakan mahasiswa sangat menyukai pakai sneaker dan running ke kampus. Usaha ini pastinya mempunyai pangsa pasar yang besar, terutama di kalangan teman-teman kampus kamu.

4. Youtuber

(Sumber : www.idntimes.com)

Di era perkembangan digital, profesi menjadi youtuber memang tengah naik daun. Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa lewat Youtube kamu bisa menghasilkan uang.

Menjadi youtuber tidaklah sulit. Kamu tidak harus menggunakan kamera profesional, berdayakan ponsel pintarmu juga bisa.

Hal utama yang diperlukan untuk menjadi youtuber yaitu memilih konten sesuai dengan passion yang dimiliki. Misalnya konten, beauty, gaming, lifestyle atau bahkan travelling.

Jika melakukan hal yang sesuai passion, kamu akan menghasilakn sebuah karya yang kreatif dan bisa menginspirasi orang lain.

Gimana.. sudah cocok belum untuk kamu memulai peluang usaha sampingan. Tapi harus diingat, usaha ini jangan sampai menggangu jadwal kuliah kamu ya..

Lady Velliya Hv