Bau Kaki

Kitogalo.com – Bau kaki yang tidak sedap pastinya akan membuat kamu tidak nyaman. Terlebih dapat menurunkan kepercayaan diri kamu, saat melepas sepatu dan kaus kaki.

Bau kaki bisa terjadi pada siapa saja, tapi ibu hamil, remaja, orang tua, orang yang memiliki diabetes, bahkan orang yang sedang stress akan lebih rentan terkena bau kaki ini.

Penyebabnya bisa macam-macam, seperti tidak menjaga higenitas sepatu dan kaos kaki atau mungkin kebersihan kaki itu sendiri.

Cara sederhana untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan mencucinya dengan benar. Tidak hanya sekadar membasuhnya dengan air, tapi juga digosokkan dengan sabun antibakteri. Lalu, keringkan dengan menyeluruh dan perhatikan bagian sela-sela jari.

Selain menjaga kebersihan kaki, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau kaki.

1. Garam

Garam

Garam adalah salah satu bumbu yang wajib ada di setiap dapur. Diketahui, garam dapat menyerap kadar air. Sehingga garam juga bisa mengurangi kadar kelembapan pada kaki. Fungsi lainnya, bakteri juga bisa berkurang.

Kamu bisa merendam kaki Anda dengan larutan garam ini setiap hari selama 10–15 menit. Gunakan setengah gelas garam yang dicampurkan dengan 4 gelas air.

2. Teh

Teh

Teh dikenal memiliki aroma yang harum. Aroma harumnya ini ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai minuman, tapi sebagai pembasmi bau kaki pula.

Selain mudah didapat, keampuhan teh juga telah diakui oleh Dr. Mark. A. Kosinski, DPM, FIDSA, profesor dari New York College. Teh juga menjadi salah satu bahan alami di rumah yang paling efektif.

Disarankan untuk menyeduh empat sampai lima kantong teh dengan kurang lebih satu liter air. Tunggu hingga dingin, kemudian rendamkan kaki Anda selama 20 menit. Lakukan langkah ini setiap hari.

3. Cuka

Cuka Putih

Selain dapat digunakan sebagai pemberi rasa asam pada makanan, cuka bisa digunakan untuk membasmi bau kaki juga. Asam yang ada pada cuka berfungsi untuk membunuh dan mengurangi jumlah bakteri yang ada di kaki, sehingga berpengaruh juga pada bau kaki.

Rendam kaki pada larutan cuka yang sudah dicampur dengan air. Perbandingannya adalah jumlah cuka setengahnya dari jumlah air yang digunakan untuk merendamkan kaki. Lakukan tips ini setiap hari selama 15 menit.

4. Baking Soda

Baking Soda

Baking soda yang selama ini diketahui adalah pengembang kue, bisa digunakan juga untuk membasmi kuman kaki.

Baking soda bisa menyerap kelembapan pada kaki sehingga mengurangi penyebab bau menyengat tersebut. Selain baking soda, Anda juga bisa menggantinya dengan tepung jagung. Fungsi keduanya sama.

Sama seperti bahan lainnya, larutkan baking soda ke dalam baskom berisi air. Kemudian, rendam kaki selama 15 menit.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Di Costa Rica, Serangga Jadi Cemilan Favorit Pengganti Keripik Kentang Lho..

Cerita Dibalik Kesuksesan Minuman Pepsi di Dunia

Hobi Makan Fast Food dengan Cara Sehat, Yuk Ikuti 3 Langkah Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here