Mahasiswa Unsri di Bandara SMB II Siap Berangkat ke Yogyakarta (14/10). (Sumber Foto: Redaksi)

Kitogalo.com, Palembang – Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali unjuk kebolehan di bidang seni. Setelah paduan suara mahasiswa Unsri memenangkan medali emas di 7th Bali International Choir Festival, mahasiswa Unsri kini kembali mewakili Sumsel di ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

Peksiminas yang digelar di D.I Yogyakarta pada 16-21 Oktober 2018 sudah dipersiapkan secara matang oleh mahasiswa Unsri. Sebanyak 30 orang mahasiswa Unsri berangkat ke D.I Yogyakarta pada hari Minggu (14/10/2018) lalu.

“Karena bersemangatnya, saat kami berangkat kemarin, tiba lebih awal dari jadwal keberangkatan pesawat,” ujar Betrick, salah satu peserta Peksiminas 2018 saat diwawancarai Kitogalo.com,¬†Rabu (17/10/2018).

Pada tahun ini, Unsri yang mewakili Sumatera Selatan akan unjuk kebolehan pada lima kategori bakat, yaitu solo, dangdut, pop, monolog dan tari.

Tempat Acara Penutupan Peksiminas 2018 Nantinya Akan digelar. (Sumber Foto: Instagram @peksiminas14yk)

Sebelum maju ke Peksiminas, mahasiswa Unsri yang berangkat merupakan peserta terbaik dari seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida ) Sumsel, yang digelar 14 September 2018.

Seleksi ini diselenggarakan di beberapa universitas di Palembang. Dari sinilah, terseleksi para mahasiswa  yang bertalenta di bidang seni untuk mewakili Sumsel pada Peksiminas 2018.

“Hari ini Peksiminas dimulai, pengumuman pemenang dan penutup pada 20 Oktober 2018,” kata Fauzi, panitia Peksiminas XIV.

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas)  merupakan kompetisi di bidang seni bagi mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

Peksiminas 2018 merupakan even yang ke-14 kalinya digelar dengan jumlah 1.008 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Ada 16 jenis lomba yang digelar yaitu penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, fotografi, nyanyi pop, nyanyi seriosa, baca puisi, vokal grup, tari, desain poster, komikstrip, lukis, nyanyi keroncong dan nyanyi dandut.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here