Danau Ranau, OKU Selatan (Kitogalo.com/Oktarian DS)

Kitogalo.com, Palembang – Wisata sudah menjadi kebutuhan sebagai pemenuhan syarat hidup layak manusia. Berliburan atau berwisata tidak sulit tapi juga tidak semudah menghabiskan uang. Memilih transportasi dan akomodasi tentu memerlukan pertimbangan yang benar-benar matang. Lama perjalanan ditempuh biasanya mempengaruhi transportasi apa yang harus dipilih.

Di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung terdapat tujuan wisata alam yang komplit. Terbentanglah danau, gunung, persawahan, kebun yang semuanya biru dan hijau menyegarkan mata. Wisata area Ranau di Kabupaten OKU Selatan ini bisa menjadi salah satu resolusi tujuan wisata tahun ini.

Namun, beberapa orang tak kunjung memiliki kesempatan berwisata ke sini karena jaraknya yang bisa dibilang tidak dekat dari provinsi. Sembilan jam perjalanan dari Kota Palembang membuat Ranau kurang diminati masyarakat ibu kota provinsi. Namun ternyata ada lho transportasi pilihan yang bisa digunakan untuk mengunjungi Ranau. Apa saja? Baca sampai habis ya!

1. Bus

Pakai Bus saja (blogspot.com)

Di mana pun bus selalu eksis untuk dijadikan pilihan transportasi untuk berpergian. Begitu juga jika kamu ingin ke Ranau. Bus yang tersedia bisa sampai ujung desa bahkan memasuki area Lampung lho. Bus ini biasanya mangkal di depan Jalan Panca Usaha, 5 Ulu, Palembang. Bus hanya tersedia di pagi hari karena memang sembilan jam perjalanan yang ditempuh tidak bisa membuatnya pergi-pulang dalam sehari. Bus ini biasanya meninggalkan Palembang jam 7 pagi dan sampai di Ranau jam 4 sore. Untuk keselamatan dijamin aman apalagi pihak bus sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan asuransi nasional.

2. Travel

Ilustrasi Travel (Tamagarus)

Travel di sini bukan berarti perjalanan lho, tapi sebutan yang akrab diberikan masyarakat kepada minibus yang bermuatan 10-11 orang atau mobil pribadi yang mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Lokasi mangkal travel biasanya di Pasar Burung, Jalan Sayangan, 16 Ilir, Palembang. Berbeda dengan bus, travel menuju Ranau menyediakan keberangkatan setiap jam sekali. Tetapi, tak semua travel bisa menembus sampai ujung Ranau, terkadang hanya sampai di Simpang Sender atau Banding Agung saja. Menggunakan alternatif ini, harus siap sedia meminta jemputan saudara atau teman atau menggunakan jasa ojek lokal untuk menuju tempat yang lebih jauh.

3. Kereta Api

Kereta Api Indonesia (Lentera Swara Lampung)

Memangnya ada kereta api sampai Ranau? Waduh, kamu kurang gaul kalau tidak tahu alternatif yang satu ini. Kamu yang suka berjalan-jalan dan menjelajahi tempat biasanya suka dengan tantangan bergonta-ganti transportasi untuk menuju satu destinasi. Nah, ke Ranau bisa juga dengan kereta api tetapi hanya sampai di Kota Baturaja, OKU saja. Setelah itu bisa menyambung perjalanan dengan menggunakan bus atau travel dari kota ini. Selain lebih hemat kamu juga bisa sekalian menjelajahi dua kabupaten lho.

Jadi, pilih mana? Apa pun pilihan kamu, pasti gak bakal nyesel liburan ke sana.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here