Perang Irak dan Amerika Serikat Berakhir (Sumber NET)

Kitogalo.com – Ada lima peristiwa besar lainnya yang terjadi di dunia, bertepatan pada tanggal 31 Agustus. Apa saja, yuk disimak lagi.

6. Deklarasi Negara Kirgistan

Kirgistan (Sumber NET)

Pada tanggal 31 Agustus 1991, Kirgistan resmi memisahkan diri dari Uni Soviet dan mendeklarasikan kemerdekaan negaranya.

Kirgistan adalah negara kecil berbentuk republik di kawasan Asia Tengah, yang pernah berada di bawah kekuasaan Uni Soviet. Negara ini berbatasan langsung dengan Cina, Tajikistan, Uzbekistan, dan Kazakhstan. Mayoritas penduduk Kirgistan adalah pemeluk Islam.

7. Tewasnya Lady Diana

Lady Diana (Sumber IST)

Tragedi tewasnya Lady Diana, terjadi pada tanggal 31 Agustus 1997. Mantan istri Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris ini, meninggal dunia bersama kekasihnya Dodi El-Fayed, tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.

Namun banyak dugaan yang mengarah pada pembunuhan berencana atas meninggalnya Princess of Wales ini. Kendati demikian, kasus ini masih menjadi misteri hingga sekarang.

8. Pesawat LAPA Jatuh di Argentina

Ilustrasi pesawat jatuh saat lepas landas (Sumber NET)

Kecelakaan pesawat terbang yang menewaskan banyak penumpang juga terjadi pada tanggal 31 Agustus. Di tahun 1999, pesawat penumpang maskapai LAPA jatuh saat berangkat ketika lepas landas di Buenos Aires, ibu kota Argentina.

Dalam kecelakaan itu, 80 orang tewas dan 26 orang terluka. Kecelakaan ini menjadi perhatian serius dunia, terutama sektor transportasi udara.

9. Kematian Ribuan Warga Irak

Perang di Irak (Sumber CNN)

Bentrok yang terjadi di sebuah jembatan di Baghdad Irak, mengakibatkan ribuan warga Irak meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 31 Agustus 2005.

Banyak nyawa melayang dan peristiwa ini merupakan duka mendalam bagi negara Irak, hingga saat ini.

10. Pidato Perang Irak Barrack Obama

Perang Irak dan Amerika Serikat Berakhir (Sumber NET)

Pada tanggal 31 Agustus 2010, Presiden AS saat itu yaitu Barack Obama, membacakan pidato. Isi pidato tersebut berisi pernyataan berakhirnya perang Irak dan Amerika Serikat secara resmi.

Pada tanggal 15 Desember 2011, Perang Irak dinyatakan berakhir, ditandai dengan pernyataan penutupan misi militer pasukan Amerika Serikat di Irak oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

10 Peristiwa Besar Terjadi di Tanggal 31 Agustus (1)

31 Agustus 1997, Tragedi Kematian Tragis Lady Diana

Ini 6 Efek Buruk Jika Kamu Over Konsumsi Vitamin D Lho..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here